inggris-piala-dunia-perancis-alt
Bola

Bentrokan kunci antara Inggris dan Prancis bisa menentukan perempat final Piala Dunia

Pada hari Sabtu, Inggris akan menjamu Prancis, juara bertahan Piala Dunia, di perempat final yang mendebarkan yang akan mencakup pertandingan-pertandingan krusial di seluruh lapangan.
Tapi bagaimana tepatnya pertandingan itu bisa dimenangkan? BBC Sport melihat…
Wajar jika Kylian Mbappe jadi perhatian utama saat memikirkan cara menghentikan Prancis.

Tak perlu dikatakan bahwa menghentikan penyerang Paris Saint-Germain, yang telah berkontribusi pada tujuh gol Piala Dunia Prancis di masa lalu, akan sangat penting bagi aspirasi Inggris untuk membuat penampilan semifinal berturut-turut setelah juga mencapai empat besar di Rusia 2018.
tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan Mbappe dimulai di kompetisi besar, memenangkan kesembilannya di Piala Dunia. Dia juga berkontribusi langsung dengan 12 gol dalam pertandingan tersebut.

Dia telah menjadi bagian penting dari serangan Prancis dan merupakan pemimpin tim dalam berbagai tindakan ofensif, termasuk tembakan (20), keterlibatan dalam urutan serangan permainan terbuka (36) dan sentuhan area penalti lawan. Dia adalah pengaruh yang tak tergantikan (46).

Ada persamaan di antara keduanya
keduanya telah menghasilkan peluang untuk diri mereka sendiri, mendukung serangan di sisi kiri.
Theo Hernandez (sembilan) dan Luke Shaw, keduanya bek kiri, telah menghasilkan lebih banyak peluang untuk klub masing-masing dibandingkan pemain lain, dengan 41% serangan kedua tim berasal dari sisi tersebut (enam).

Prancis telah melihat lebih dari setengah peluangnya datang dari kiri, karena 26 peluang telah menghasilkan total lima assist.

Sebaliknya, Inggris memiliki tiga assist dari 11 peluang di sisi kiri. Untuk melawan Jules Kounde yang salah tempat di bek kanan, Inggris dapat menggunakan Shaw, yang berada di urutan kedua setelah Lionel Messi dari Argentina dalam hal operan maju, dan Phil Foden atau Marcus Rashford.

Ada sedikit keraguan bahwa bek kanan Inggris, mungkin Kyle Walker dan Kieran Trippier, akan menghadapi malam yang berat, terlepas dari keputusan Gareth Southgate untuk menggunakan empat bek atau beralih ke tiga.

Walker akan merasa percaya diri khususnya. Tiga kali di Liga Champions, pertahanan Manchester City berhadapan dengan Mbappe, yang hanya memiliki rata-rata 0,7 tembakan per 90 menit – penurunan tajam dari rata-rata Piala Dunia 2022 6,4.

Penampilan luar biasa Jude Bellingham yang berusia 19 tahun untuk Inggris dalam kemenangan 3-0 babak 16 besar melawan Senegal mendorong rekan setimnya Foden untuk membuat prediksi.
Bellingham memimpin semua gelandang dalam kompetisi dalam duel yang dimenangkan (26) dan tekel yang dimenangkan (11), dan elemen yang mengganggu dari permainannya akan menjadi penting saat ia mencoba mengelola area tengah yang mencakup kekuatan Aurelien Tchouameni, 22, dan penemuan Antoine Griezmann, 31.

Sementara Griezmann telah menghasilkan peluang terbanyak (15) dan peluang besar (lima) di antara kedua tim, Tchouameni langsung membawa bola paling banyak (812,6 meter), jauh melebihi Bellingham (531,6 meter).

Membatasi pengaruh Griezmann selama fase build-up akan menjadi krusial bagi Inggris karena ia juga melakukan operan terbanyak ke dalam kotak (36), serta mencatatkan prediksi nilai assist terbesar (2,67 xA), dari pemain mana pun di kedua skuad.

Bellingham dan Declan Rice adalah favorit untuk memenangkan peran tersebut, namun Jordan Henderson dapat mempertahankan posisinya setelah Rice absen latihan awal pekan ini karena sakit.

Bellingham telah membantu timnya merebut kembali penguasaan bola 23 kali dalam empat pertandingan, yang terbanyak di lini tengah kedua tim. Pemulihan transisi khususnya akan sangat penting. Sementara Inggris (38) memiliki lebih banyak turnover daripada Prancis (29), satu dari setiap enam untuk Prancis menghasilkan satu tembakan.

Tetapi bila memungkinkan, Inggris ingin melepaskan salah satu pemain paling inventif mereka.
Bellingham, yang sejauh ini memainkan tujuh operan ke dalam kotak dan menjadi pemain muda pertama yang memberikan assist dalam pertandingan babak sistem gugur Piala Dunia dalam penampilan Senegal yang luar biasa itu, telah memberikan lebih banyak kreativitas untuk Inggris daripada hanya Shaw dan Harry Kane.

Setelah Olivier Giroud mencetak gol melawan Polandia pada hari Minggu untuk menjadi pencetak gol pria terbanyak sepanjang masa Prancis, kapten Inggris Harry Kane mencetak gol pertamanya di Qatar tidak lama kemudian.

inggris-piala-dunia-perancis-alt

Giroud, yang telah mencetak tiga gol sebagai starter, dan Kane sama-sama memiliki 52 gol secara keseluruhan untuk negara mereka, dengan penyerang Tottenham itu sekarang hanya membutuhkan satu gol lagi untuk menyamai rekor Wayne Rooney untuk The Three Lions.

Kane sedikit mengungguli nilai gol yang diharapkannya (xG) sebesar 0,9 dari empat peluangnya sejauh ini, meskipun timnya paling diuntungkan darinya dalam build-up.

Perannya dalam gol Henderson (di bawah), di mana dia melawan Bellingham yang melakukan perampokan melawan Senegal, merupakan tipikal dari signifikansinya yang lebih luas. Dia memimpin jalan di Qatar dengan tiga assist di antara lima peluang yang diciptakan.

Dengan lebih banyak sentuhan (123) daripada Giroud (56) di Piala Dunia ini dan operan paling progresif (14) di antara para penyerang, Kane jauh lebih penting untuk strategi ofensif Inggris daripada Giroud untuk Prancis.

Berbeda dengan Giroud yang memiliki hampir satu dari lima sentuhan s di dalam area penalti, hanya 6,5% sentuhan Kane terjadi di sana.
Pemain Prancis itu terus unggul di area penalti, di mana ia memiliki tingkat konversi tembakan 33,3% dan tiga gol dari xG 2,37.

Rashford, yang memiliki delapan tembakan dalam 132 menit permainan, benar-benar penembak paling produktif Inggris, dengan Bukayo Saka, Foden, dan Kane mengikuti di belakangnya (lima).
Kapasitas Kane untuk mengalihkan perhatian pertahanan lawan dan melibatkan pemain lain dalam perannya yang serbaguna mungkin sangat penting.

Lagi pula, sementara Mbappe atau Giroud mencetak delapan dari sembilan gol Prancis, 12 gol Inggris didistribusikan di antara delapan pemain berbeda.

Unduh aplikasi BBC Sport untuk menerima pemberitahuan tentang gol tim mana pun dan hasil terkini dari Piala Dunia FIFA:
Dapatkan komentar, diskusi, dan analisis harian Anda tentang Piala Dunia FIFA bersama
dengan Suara BBC

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *